Cari Blog Ini

Sabtu, 26 Januari 2013

APA ITU PUPUK ANORGANIK, APA ITU PUPUK ORGANIK , APA ITU PUPUK BERIMBANG.


APA ITU PUPUK ANORGANIK, APA ITU PUPUK ORGANIK , APA ITU PUPUK BERIMBANG.

Secara harafiah :Sebagai orang yang bergerak di bidang pupuk, dengan sendirinya aku harus bisa memahami apa itu pupuk organik, pupuk anorganik, maupun apa yang disebut pupuk berimbang.
  • Pupuk Anorganik : Pupuk hasil proses rekayasa secara kimia, fisik dan atau biologis dan merupakan hasil industri atau pabrik pembuat pupuk.

  • Pupuk Organik : Pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat dibentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik, memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.
  • Pupuk Berimbang : Memberikan pupuk anorganik ataupun pupuk organik sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman berdasar hasil analisa tanah tersebut. Disini dibutuhkan adanya “Soil Test Kit” untuk menganalisa tanah. Ex: Apabila tanaman membutuhkan Nitrogen 250 gr dan tersedia di dalam tanah hanya 100 gr, maka sisa itulah yang harus diberikan. Bahwa pada dasarnya tanah mempunyai spesifikasi tertentu, maka teknologi pemupukan berimbang serta penggunaan “Soil Test Kit” dapat membantu petani dalam menggarap lahannya secara efisien
Supaya lebih jelas aku gambarkan saja bagan yang aku kutip dari “Buletin Berkala Pupuk” no:2.
Dengan judul PENGELOMPOKAN BAHAN PENYUBUR TANAH DAN TANAMAN (Sri Adiningsih).


Inilah bagan dari keseluruhan pengelompokan pupuk2 baik anorganik maupun organik.
untuk kesempatan yang lain akan aku coba tampilkan Pupuk Kompos, Pupuk Kandang, maupun Pupuk Organik Cair

0 komentar:

Posting Komentar

Radio Online

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More